Pengaruh Pembelajaran Kooperati Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.

Awwalina, Hanifatul (2020) Pengaruh Pembelajaran Kooperati Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202011 - Abstrak.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202011 - BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202011 - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202011 - BAB V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202011 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
1684202011 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
1684202011 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan menyelesaikan soal cerita pada waktu pembelajaran di kelas, maka dapat menerapkan pembelajaran Pair Checks agar siswa dapat berpendapat atau lebih aktif dalam kelas . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan 26 siswa pada kelas X-E (Pemasaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang ditunjukkan dari nilai thitung = 3,431 > ttabel = 2,064 dan didukung dengan kondisi probabilitas signifikan sebesar (0,002) yang kurang dari α (0,05). Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linearnya yaitu -15,479 +1,743X yang memperlihatkan bahwa jika pembelajaran Pair Checks dilaksanakan semakin baik maka kemampuan berpikir kritis siswa juga akan semakin baik. Pembelajaran Pair Checks memiliki kontribusi/pengaruh sebesar 32,9% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pair Checks, Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:08
Last Modified: 03 Sep 2020 07:08
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item