Studi Perbandingan Antara Model Pembelajaran Langsung Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Aljabar Di Smp Hasjim Asj’ari Tulangan.

Masnunah, Siti (2019) Studi Perbandingan Antara Model Pembelajaran Langsung Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Aljabar Di Smp Hasjim Asj’ari Tulangan. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1531069 - BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531069 - BAB IV.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531069 - BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531069 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531069 - Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
1531069 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
1531069 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Aljabar di SMP Hasjim Asj’ari Tulangan. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Hasjim Asj’ari Tulangan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah kelas VII-B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Instumen dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan instrumen soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Discovery. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai signifikansi 0.003 < 0.05 berarti H0 ditolak. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning adalah sebesar 9.5 poin sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung, sebesar 12.8 poin. Sehingga peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung lebih besar 3.3 poin dibandingkan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:28
Last Modified: 24 Aug 2020 06:28
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item