PEMANFAATAN VIDEO CANDI PARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019

Rembulan, Angelina (2019) PEMANFAATAN VIDEO CANDI PARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP SEPULUH NOPEMBER SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1544001 BAB 1.docx

Download (103kB)
[img]
Preview
Image
1544001 PENGESAHAN.jpg

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1544001 PERSETUJUAN.jpg

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1544001 PERNNYATAAN.jpg

Download (261kB) | Preview
[img] Text
1544001 Abstrak.docx

Download (41kB)
[img] Text
1544001 BAB IV.docx

Download (47kB)
[img] Text
1544001 BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
1544001 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
1544001 BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
1544001 BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
1544001 BAB V.docx

Download (26kB)

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib disampaikan kepada siswa. Proses pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru selama ini dilakukan secara konvensional. Pembelajaran IPS tanpa melihat bukti dan hanya teori akan mempersulit siswa dalam memahami materi. Masa lalu seperti kita ketahui, tidak dapat diamati secara langsung dan sama sulitnya untuk diingat. Tetapi untungnya ada “jejak” tertentu yang ditinggalkan oleh peristiwa-peristiwa dimasa lalu. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini bertujuan sebagai berikut:(1), Untuk Mengetahui Sejarah Candi Pari sebagai sumber belajar IPS di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo (2), Untuk Menganalisis Relevansi Video Candi Pari sebagai sumber belajar IPS di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo(3),Untuk,Menganalisis,Optimalisasi,pemanfaatan,Video,Candi,Pari,dalampembelajaran IPS di SMP Sepuluh Nopemper Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) Observasi, hal ini dilakukan dengan mengamati kegiatan belajar mengajar dan ikut serta dalam pembelajaran yang ada di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, (2) Wawancara ini dilakukan dengan Kepala Sekolah SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo, Guru IPS kelas VII SMP Sepuluh Nopember, dan perwakilan siswa sebanyak lima orang. (3) Studi pustaka yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mempelajari buku-buku referensi, jurnal-jurnal yang berkaitan dengan obyek penelitian, dalam hal ini peneliti memanfaatkan perpustakaan kampus STKIP PGRI Sidoarjo,(4) Dokumentasi yang diteliti berupa perangkat administrasi pembelajaran meliputi silabus, RPP, buku teks pembelajaran, dan pengumpulan data akan semakin dipercaya apabila didukung oleh foto-foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Candi Pari merupakan peninggalan kerajaan majapahit yang pada saat itu dibawah pemerintahan Raja Hayam Wuruk. (2) Video Candi Pari yang berkaitan dengan mata pelajaran IPS kelas VII semester genap dalam KD 3.4 ( Memahami berpikir kronologis, perubahan dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik,sosial, budaya,geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha, dan Islam). (3) Dengan Pemanfaatan Video Candi Pari sebagai sumber belajar dapat menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran IPS, karena dengan melihat bukti dari peninggalan Kerajaan yang dipelajari, dengan begitu siswa semakin aktif dan semakin tertarik mempelajari pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemanfatan Video, Candi Pari, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Heribertus Hemo
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:39
Last Modified: 19 Aug 2020 06:59
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item