Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa.

Natasya, Adella Ayu (2020) Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202002-Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202002-BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202002-BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202002-BAB V.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202002-Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
1684202002-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
1684202002-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)

Abstract

Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa harus mampu mengontrol kecemasannya terutama ketika siswa menyelesaikan tes matematika. Hal ini diduga kecemasan mempunyai pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar pada masing-masing individu dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi sistem persamaaan linear dua variabel (SPLDV) terhadap kemampuan komunikasi matematis. 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi sistem persamaaan linear dua variabel (SPLDV) terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII SMP Perjuangan Prambon. Penelitian ini menggunakan metode angket dan tes tulis untuk melihat tingkat kecemasan matematika, kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditunjukkan dari nilai korelasinya sebesar 0,684 dan nilai thitung = 3,379 > ttabel = 2,160. Kecemasan mempunyai pengaruh sebesar 46,8% terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dari nilai korelasinya sebesar 0,657 dan nilai thitung = 3,140 > ttabel = 2,160. Kecemasan mempunyai pengaruh sebesar 43,1% terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kecemasan matematika, open-ended, komunikasi matematis, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:04
Last Modified: 23 Sep 2020 07:42
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item