ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Hardiyanti, Hanum Siti (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1531048 − Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
1531048 − BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
1531048 − BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
1531048 − BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531048 − BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531048 − Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan soal cerita siswa dituntut untuk memahami isi dari soal cerita tersebut, setelah itu siswa harus menarik kesimpulan obyek-obyek yang harus diselesaikan dan memisalkannya dengan simbol-simbol matematika, hingga pada tahap akhir menyusun perencanaan untuk menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Walisongo Gempol kelas XI. Penentuan subjek dilakukan dengan pemberian tugas yang berupa 2 soal cerita program linear. Hasil tugas dianalisis kemudian disajikan dalam tabel kesalahan siswa berdasarkan letaknya, sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dipaparkan dalam bentuk uraian. Selanjutnya dipilih 4 siswa dengan kesalahan terbanyak sebagai responden dalam kegiatan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear. Hasil penelitian menunjukkan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear yaitu memahami makna soal, membuat model matematika, menggambar grafik, menentukan daerah HP, menghitung nilai optimum, dan menulis kesimpulan. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan abstraksi, konsep, komputasi dan menafsirkan. Berdasarkan hasil analisis data wawancara penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu: siswa tidak teliti dalam menjawab soal, siswa belum siap mengerjakan tugas atau dengan kata lain siswa tidak belajar sebelum mengerjakan tugas, dan siswa tidak memahami maksud dari soal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, kesalahan, soal cerita, program linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:20
Last Modified: 16 Jul 2020 08:20
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item