PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Indillah, Zulfa E.C (2019) PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1531036 - Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531036 - BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
1531036 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
1531036 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
1531036 - BAB IV.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531036 - BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531036 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa diharapkan mampu mengembangkan penalaran proporsional untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan proporsi. Penalaran proporsional dapat mengajak siswa untuk memahami konsep-konsep matematika, dapat menggunakan ide-ide dan prosedur lebih fleksibel untuk masalah-masalah yang berkaitan dengan proporsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa SMP kelas VIII yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan TKM kemudian dikelompokkan pada 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan standar deviasi. Subjek penelitian ini adalah 6 orang, yaitu 3 siswa lak-laki dan 3 siswa perempuan dimana setiap kelompok jenis kelamin terdiri dari siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Keenam siswa tersebut diberi TPP dan setelah itu dilakukan wawancara. Tes tulis yang diberikan terdapat 2 soal, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Tes tulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator penalaran proporsional dan menyelesaikan soal berdasarkan tahapan menurut Polya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan penalaran proporsional siswa berjenis kelamin lakilaki yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika cenderung lebih baik daripada siswa berjenis kelamin perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Begitu juga dengan siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika sedang maupun rendah lebih unggul siswa laki-laki daripada perempuan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penalaran, penalaran proporsional, soal matematika, jenis kelamin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:43
Last Modified: 16 Jul 2020 07:43
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item