PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS III SD

Damayanti, Friska (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EXPLOSION BOX SUBTEMA ENERGI ALTERNATIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA KELAS III SD. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1686206015-Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
1686206015-BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
1686206015-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
1686206015-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
1686206015-BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
1686206015-BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206015-Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas III SD Negeri Kemiri. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga kemampuan berpikir siswa masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan suatu media pembelajaran Explosion Box yang akan menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Explosion Box untuk melatih keterampilan berpikir siswa dan menilai kelayakan media pembelajaran tersebut agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SD. Penelitian ini menggunakan penelitian (research and development) yang melalui tujuh tahap antara lain: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Uji coba media pembelajaran dilaksanakan di rumah peneliti pada siswa kelas III SD dengan total responden sejumlah 12 siswa, 6 siswa kelas eksperimen dan 6 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar 89% dengan kategori sangat layak, dan penilaian aspek kelayakan media sebesar 90% memiliki kategori sangat layak. Nilai keefektifan media pembelajaran sebesar 79,8% dengan kategori efektif. Sedangkan, nilai respon guru sebesar 92,8% dengan kategori sangat layak, dan nilai respon siswa sebesar 96% memiliki kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box layak digunakan dalam proses pembelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Explosion Box, Keterampilan Berpikir.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:53
Last Modified: 30 Nov 2021 03:53
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item