ANALISIS KESALAHAN SSWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE DI SMP NURUL HUDA TULANGAN

Andarista, Siti Afifah (2020) ANALISIS KESALAHAN SSWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA KONTEN SPACE AND SHAPE DI SMP NURUL HUDA TULANGAN. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202027 - Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202027 - BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
1684202027 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
1684202027 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
1684202027 - BAB IV.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202027 - BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202027 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa SMP Nurul Huda Tulangan dalam menyelesaikan soal model PISA prediks level 2 pada konten space and shape. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak. Peneliti menggunakan analisis kesalahan Newman yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: a) Membaca masalah, b) Memahami masalah, c) Transformasi masalah, d) Keterampilan proses, e) Penulisan jawaban akhir. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 3 subjek siswa dari kelas IX, subjek dipilih berdasarkan tingkat kemampuan dalam matematika. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 3 soal model PISA prediksi level dua pada konten Space and shape. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Instrumen dari penelitian ini yaitu lembar tes yang terdiri dari 3 soal model PISA prediksi level dua pada konten Space and shape dan pedoman wawancara. Hasil penelitian: Dari ketiga subjek yang terpilih, siswa banyak melakukan kesalahan dalam proses penyelesaian soal pada tahap keterampilan proses (Processing skills) dan penulisan jawaban akhir (Encodding). Secara umum hal ini disebabkan karena rendahnya kemampuan siswa dalam mengubah masalah ke dalam model matematika, rendahnya pemahaman dalam cara menyelesaikan soal, dan rendahnya kemampuan berhitung secara matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Space And Shape, Prosedur Newman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:20
Last Modified: 22 Jun 2021 08:20
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item