Analisis Kemampuan dan Kecemasan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Tipe Higher Order Thinking Skill.

Safitri, Dyah Ayu (2020) Analisis Kemampuan dan Kecemasan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Tipe Higher Order Thinking Skill. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202007 - Abstrak.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202007 - BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202007 - BAB 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202007 - BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202007 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
1684202007 - BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
1684202007 - BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perasaan tegang yang hadir ketika siswa menyelesaikan masalah dalam matematika disebut dengan kecemasan matematika. Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk bisa menyelesaikan soal-soal HOTS, dalam hal ini siswa harus memiliki kesanggupan dalam mengerjakan soal-soal matematika yakni kemampuan matematika. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika siswa digolongkan dengan tingkat kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Tanggulangin pada kelas VII 3. Subjek ditentukan dengan cara acak dilakukan dengan membagikan soal tes tipe HOTS, kemudian siswa diberi angket kecemasan matematika. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: observasi, pengolahan data, penarikan kesimpulan kemampuan dan kecemasan matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tingkat kemampuan matematika siswa memiliki kecenderungan indikator kecemasan matematika yang beragam ketika menyelesaikan soal-soal tipe HOTS, yakni kemampuan matematika tinggi memiliki kecemasan matematika rendah, kemampuan matematika sedang memiliki kecemasan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah memiliki kecemasan matematika tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:17
Last Modified: 15 Jun 2021 07:17
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item