STUDI PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ALJABAR

Masnunah, Siti (2018) STUDI PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ALJABAR. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img] Text
insyaaIIah_siap[1].docx

Download (118kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Aljabar di SMP Hasjim Asj’ari Tulangan. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Hasjim Asj’ari Tulangan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah kelas VII-B yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Instumen dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan instrumen soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Discovery Learning. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 berarti H0 ditolak. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning adalah sebesar 9,5 poin sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung, sebesar 12,8 poin. Sehingga peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung lebih besar 3,3 poin dibandingkan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model Discovery Learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran langsung, Discovery Learning, Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2019 03:35
Last Modified: 19 Aug 2020 05:05
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item