EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP PENALARAN SISWA

WULANDARI, AYU and Agustina, Eka Nurmala Sari and Dhewy, Risdiana Chandra EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP PENALARAN SISWA. Repositiry STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img] Text
1431016-AYU WULANDARI ARTIKEL.docx

Download (106kB)

Abstract

Penalaran adalah fondasi dari pembelajaran matematika, hal tersebut menjadi indikasi bahwa pentingnya penalaran untuk dimiliki dan dikembangkan setiap siswa. Penyebab rendahnya kemampuan penalaran diakibatkan oleh pembelajaran yang diterapkan kurang melibatkan siswa secara langsung. Salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi siswa agar terlibat aktif dalam proses belajar adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL). Model CTL dipilih karena siswa dapat dibawa langsung memahami suatu persoalan dengan mengaitkannya terhadap dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan model CTL terhadap kemampuan penalaran siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji komparatif dua sampel berkorelasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Tulangan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan metode tes tulis (pretest, posttest) dan observasi. Pada penelitian ini, model CTL dikatakan efektif jika terdapat 75% (21 siswa) dari jumlah keseluruhan siswa dapat naik 1 kriteria pengelompokan kemampuan penalaran. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model CTL tidak efektif terhadap kemampuan penalaran siswa, karena hanya terdapat 10 siswa (36%) yang mengalami peningkatan kriteria pengelompokan kemampuan penalaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Contextual Teaching and Learning, efektifitas, penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayu Wulandari
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:27
Last Modified: 19 Sep 2018 04:27
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item