PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 2 DI SEKOLAH DASAR

Wijaya, Agung Tico and Wulan, Budhi Rahayu Sri and Rohmatin, Titik (2020) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS 5 TEMA 7 SUBTEMA 2 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4 (3). ISSN 2656-6753

[img]
Preview
Text
1686206076 - Artikel.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Karakter adalah sikap yang tumbuh dari diri individu, karakter dapat tumbuh dengan sebuah pembiasaan atau dorongan. Media diorama dijadikan sebagai sebuah alat bantu dalam pembelajaran untuk mendorong tumbuhnya karakter anak. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui media diorama berpengaruh terhadap pendidikan karakter anak pada tema 7 subtema 2 peristiwa kebangsaan proklamasi kemerdekaan pada pembelajaran ke 3 kelas 5 sekolah dasar. Subjek penelitian ini yakni 5 siswa kelas 5 SDN Kenongo II, Sidoarjo. Dari penelitian ini ada 3 aspek karakter yang diteliti dalam pembelajaran, yakni karakter kemandirian, karakter kerjasama dan karakter tanggung jawab. Analisis data menggunakan uji statistik SPSS, dengan hasil analisis pendidikan karakter siswa (prettest) terlihat bahwa dengan melihat hasil uji Independent Sample T test diperoleh thitung = -0,15 < ttabel = 2. Hasil sig. 2 tailed 0,988 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter siswa di kelas kontrol maupun eksperimen tidak menunjukkan hasil yang berbeda. Setelah diberikan treatment, dilakukan posttest hasil analisis pendidikan karakter anak (posttest) terlihat bahwa hasil uji Independent Sample T test diperoleh thitung = 3,485 > ttabel = 2. Sig. 2 tailed 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, ada perbedaan pendidikan karakter siswa sebelum menggunakan media diora dan setelah menggunakan media diorama. Pendidikan karakter siswa lebih baik dengan menggunakan media pembelajaran diorama dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran konvensional. Jadi, disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:37
Last Modified: 23 Sep 2020 05:37
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item