ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERGAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

Rosa, Winda Adelya and Kusumawati, Intan Bigita and Widadah, Soffil ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA BERGAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). (Submitted)

[img]
Preview
Text
1684202033 - Artikel.pdf

Download (936kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika setiap individu memiliki cara yang berbeda dengan individu lain dalam menyajikan kembali gagasan-gagasan matematis yang didapatkan dari proses pemikiran yang kemudian disampaikan dalam bentuk tulisan sebagai model atau bentuk pengganti yang mewakili bentuk lain dari permasalah yang ada untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Perbedaan cara penyajian kembali gagasan-gagasan matematis ini disebut kemampuan representasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan soal PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan angket gaya kognitif visualizer-verbalizer yang menunjukkan tiga belas siswa bergaya kognitif visualizer dan tiga belas siswa bergaya kognitif verbalizer. Setelah melakukan perhitungan skor angket, maka diperoleh Subjek penelitian yang terdiri dari dua siswa bergaya kognitif visualizer dan dua siswa bergaya kognitif verbalizer. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA.Dari penyelesaian soal tes yang diberikan serta wawancara yang dilakukan kepada masing-masing subjek diperoleh hanya ada dua kemampuan representasi matematis dari tiga jenis kemampuan yang digunakan. Siswa bergaya kognitif visualizer menggunakan representasi simbol dalam menyelesaikan soal tes. Sedangkan siswa bergaya kognitif verbalizer menyelesaikan soal dengan menggunakan jenis representasi verbal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan representasi matematis, gaya kognitif, visual, verbalizer, soal PISA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:37
Last Modified: 23 Sep 2020 05:37
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item