Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika

Awwalina, Hanifatul and Dhewy, Risdiana Chandra and Agustina, Eka Nurmala Sari (2020) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. JEDMA (Jurnal Edukasi Matematika), 1 (1). pp. 22-31. ISSN 2746 –637X

[img]
Preview
Text
1684202011 - Artikel.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kurang dapat di lihat dari proses pembelajaran di kelas, karena siswa belum kritis dalam bertanya maupun dalam mengerjakan suatu permasalahan. Pembelajaran Pair Checks merupakan pembelajaran berkelompok yang dapat menuntun partnernya untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2019/2020 di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan. Sampel yang digunakan sebanyak 26 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang ditunjukkan dari nilai thitung = 3,431 > ttabel = 2,064 dan didukung dengan kondisi probabilitas signifikan sebesar (0,002) yang kurang dari α (0,05). Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linearnya yaitu -15,479 +1,743X yang memperlihatkan bahwa jika pembelajaran Pair Checks dilaksanakan semakin baik maka kemampuan berpikir kritis siswa juga akan semakin baik. Pembelajaran Pair Checks memiliki kontribusi/pengaruh sebesar 32,9% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Menerapkan pembelajaran Pair Checks agar siswa dapat berpendapat atau lebih aktif dalam kelas serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang baik untuk menyelesaikan soal cerita matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Pair Checks, Soal Cerita Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:37
Last Modified: 14 Dec 2020 07:47
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item