PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS KERAGAMAN BUDAYA DI PROGRAM STUDI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO

Wibowo, Satrio (2017) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS KERAGAMAN BUDAYA DI PROGRAM STUDI PGSD STKIP PGRI SIDOARJO. Jurnal Edukasi, 1 (1). pp. 45-52. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
6.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui media audio visual berbasis keragaman budaya, (2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui media audio visual berbasis keragaman budaya, (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui media audio visual berbasis keragaman budaya, (4) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui media audio visual berbasis keragaman budaya. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan, dokumen, arsip serta tempat dan peristiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan cara triangulasi data atau sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian adalah: (1) Perencanaan pembelajaran dimulai dari penyusunan perangkat pembelajaran berupa silabus dan satuan acara perkuliahan, disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, menyiapkan media dan merancang metode. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan pada tiga kali pertemuan, pertemuan pertama membahas dasar pemikiran wawasan nusantara dan pemberian tugas kelompok, pertemuan kedua dan ketiga dimanfaatkan untuk presentasi dan diskusi. (3) Evaluasi pembelajaran meliputi penilaian diskusi dan hasil penugasan. (4) Kendala dalam pembelajaran adalah keterbatasan dosen dalam penggunaan variasi metode pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Media Audio Visual, Keragaman Budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 05:04
Last Modified: 23 Jun 2018 05:04
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item