PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL MUSEUM TROWULAN MAJAPAHIT SEBAGAI SUMBER PEMBLAJARAN SEJARAH

Nugraha, Arya Cipta PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL MUSEUM TROWULAN MAJAPAHIT SEBAGAI SUMBER PEMBLAJARAN SEJARAH. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1544003 ARTIKEL.docx

Download (45kB)

Abstract

Dalam membentuk pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sejarah, maka sudah tiba waktunya bagi para guru harus menyusun berbagai jenis bahan ajar. Seperti halnya dengan pembelajaran sejarah, Kini mata pelajaran sejarah tersebut dapat dijadikan sebagai sumber belajar dan dibantu dengan memanfaatkan salah satu media pembelajaran sejarah yang efektif yaitu media audio visual (video). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan terhadap bentuk media video sebagai sumber pembelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dengan latar obyek museum Trowulan Majapahit, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media audio visual, dan 3) mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran sejarah pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah berupa temuan narasumber, lokasi penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran, serta pengambilan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan narasumber, dan mengkaji dokumen. Validitas data yang digunakan berupa trianggulasi peneliti, trianggulasi sumber, trianggulasi metode, dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) bentuk media yang digunakan seperti media audio visual (video) ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar terutama pembelajaran sejarah, 2) pembelajaran sejarah dapat di manfaatkan dengan menggunakan salah satu media pembelajaran berbasis audio visual (video) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan, dan 3) proses evaluasi yang berpijak pada nila-nilai yang dilakukan oleh guru sejarah dengan hasil yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sejarah, media audio visual, museum.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:28
Last Modified: 24 Aug 2020 06:28
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item