PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 BEJI

Supriadi, Muchamad PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 BEJI. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1544017 - Artikel.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah yang telah berlangsung selama ini masih banyak mengalami kekurangan. Salah satunya dalam pembelajaran Sejarah adalah Hasil belajar peserta didik yang tidak bisa mencapai ketentuan yang telah di tentukan. Hasil belajar peserta didik di karnakan dari pembelajaran yang masih terkesan monoton dan membosankan. Semangat untuk belajar di perlukan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran tipe Problem Based Learning memberikan pandangan berbeda terhadap metode pembelajaran sejarah yang selama ini hanya berpaku pada metode ceramah. Melalui metode pembelajaran Problem Based Learning peserta didik diupayakan untuk menyampaikan pendapat sendiri tentang materi yang diberikan. Sehinggah peserta didik lebih percaya diri terhadapa kemampuannya sendiri. Peneliti ini mengambil data dari pretest dan postest yang telah dilakukan untuk di jadikan tolak ukur mengenai hipotesis penelitian. Pretest dan pretest dilaksanakan di dalam kelas eksperimen. Hasil penelitian yang telah dilakukan melalui data pretes dan postest adalah siklus I siswa yang memperoleh nilai <78 sebanyak 8 siswa (22,23%) dan siswa yang memperoleh nilai >78 sebanyak 28 siswa (77,78%) dengan rata-rata kelas 83,62%. Sedangkan nilai postest pada siklus II siswa yang memperoleh nilai<78 sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa yang memperoleh nilai >78 sebanyak 36 siswa (93,89%), dengan rata-rata kelas 100%. Sehinggah dapat dinyatakan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran sejarah berhasil Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 93,89%. Hal ini berdasarkan kriteria ketuntasan minimun (KKM) Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah terpenui yaitu 78.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 30 Jul 2020 09:23
Last Modified: 30 Jul 2020 09:23
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item