“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 BEJI”

Supriadi, Muchamad (2019) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 BEJI”. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1544017 - Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1544017 - BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
1544017 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
1544017 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img]
Preview
Text
1544017 - BAB IV.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1544017 - BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1544017 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.karena pembelajaran sejarah yang telah berlangsung selama ini masih banyak mengalami kekurangan. Salah satunya dalam pembelajaran Sejarah adalah Hasil belajar peserta didik yang tidak bisa mencapai ketentuan yang telah di tentukan. Hasil belajar peserta didik di karnakan dari pembelajaran yang masih terkesan monoton dan membosankan. Semangat untuk belajar di perlukan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek didalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MULTIMEDIA SMK Negeri 1 Beji yang sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran pada semester dua tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 38 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan pretest dan post-test pada setiap siklus. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Expert judgement). Hasil penelitian yang telah dilakukan melalui data pretes dan postest adalah siklus I siswa yang memperoleh nilai <78 sebanyak 8 siswa (22,23%) dan siswa yang memperoleh nilai >78 sebanyak 28 siswa (77,78%) dengan rata-rata kelas 83,62%. Sedangkan nilai postest pada siklus II siswa yang memperoleh nilai <78 sebanyak 0 siswa (0%) dan siswa yang memperoleh nilai >78 sebanyak 36 siswa (93,89%), dengan rata-rata kelas 100%. Sehinggah dapat dinyatakan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran sejarah berhasil Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan presentase ketuntasan 93,89%. Hal ini berdasarkan kriteria ketuntasan minimun (KKM) Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah terpenui yaitu 78.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:32
Last Modified: 24 Aug 2020 06:32
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item