ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL

Rohmah, Siti Imamatur (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1531064 -Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531064 - BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
1531064 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
1531064 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
1531064 - BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531064 - BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531064 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel. Penelitian ini dilakukan di SMK Persatuan 1 Tulangan pada tahun ajaran 2019/2020 di kelas X-Tata Busana. Subjek dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Tes dilakukan kepada semua siswa di kelas X-Tata Busana. Dari hasil Tes soal diambil 3 subjek yang memiliki kesalahan terbanyak. Selanjutnya subjek yang terpilih diwawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan mentransformasi, kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan pada jawaban akhir. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan analisis Newman dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan kesalahan membaca dengan bentuk kesalahan tidak dapat membaca kata-kata penting yang ada dalam soal, siswa melakukan kesalahan memahami dengan bentuk kesalahan tidak dapat menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dan menuliskan tetapi salah, siswa melakukan kesalahan mentransformasi dengan bentuk kesalahan tidak dapat membuat model matematika, siswa melakukan kesalahan keterampilan proses dengan bentuk kesalahan tidak dapat menyelesaikan soal dan prosedur tidak sesuai, dan siswa melakukan kesalahan pada jawaban akhir dengan bentuk kesalahan menuliskan jawaban salah dan tidak menuliskan jawaban.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesalahan Newman, Menyelesaikan soal, SPLTV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:23
Last Modified: 03 Sep 2020 06:23
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item