PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Indillah, Zulfa Eliyah Cahyani (2019) PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531036 - Artikel.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa diharapkan mampu mengembangkan penalaran proporsional untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan proporsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa SMP kelas VIII yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan TKM kemudian dikelompokkan pada 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan standar deviasi. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa, yaitu 3 siswa laklaki dan 3 siswa perempuan dimana setiap kelompok jenis kelamin terdiri dari siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek diberi TPP dan wawancara. Tes tulis yang diberikan terdapat 2 soal, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Tes tulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator penalaran proporsional. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan penalaran proporsional siswa berjenis kelamin laki-laki yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika cenderung lebih baik daripada siswa berjenis kelamin perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Begitu juga dengan siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika sedang maupun rendah lebih unggul siswa laki-laki daripada perempuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: penalaran, penalaran proporsional, soal matematika, jenis kelamin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:45
Last Modified: 16 Jul 2020 07:45
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item