PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Fauziyah, Vivin (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1531032 - Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531032 - BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
1531032 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
1531032 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
1531032 - BAB IV.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531032 - BAB V.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531032 - Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung memecahkan masalah dalam kehidupan nyata dan bermakna sehingga memberikan kemudahan untuk menyelesaikan masalah dan mencapai hasil belajar yang baik. Siswa diminta untuk lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator kepada siswa. Dengan menggunakan soal masalah yang berarti memecahkan masalah yang cara penyelesaiannya tidak bisa langsung diketahui dengan menggunakan rumus tetapi perlu mengidenfikasi dengan cepat maksud dari soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika yaitu ukuran pemusatan data (nilai rata-rata, median dan modus). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Walisongo Gempol dengan jumlah 28 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah model berbasis masalah sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa post test setelah diberi perlakuan berupa model pembelajaran. menggunakan soal masalah pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Shoot Case Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung (257,936) > Ftabel (4,21) sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:40
Last Modified: 16 Jul 2020 07:40
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item