STRATEGI PENGAJUAN SOAL SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Sari, Sinta Wulan (2019) STRATEGI PENGAJUAN SOAL SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531027-Artikel.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengajuan soal siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-C SMP Negeri 2 Sedati, Sidoarjo pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes TPM, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat mengajukan soal pada ketiga kategori yaitu, reformulasi soal, rekonstruksi soal, dan imitasi soal. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat mengajukan soal pada ketiga kategori, tetapi konsteksnya masih sederhana. Siswa dengan kemammpuan matematika rendah hanya dapat mengajukan soal pada kedua kategori yaitu reformulasi soal dan rekonstruksi soal, pada kategori imitasi tidak dapat mengajukan soal. Pengajuan soal adalah merumuskan atau mengajukan pertanyaan matematika dari situasi yang diberikan sesudah pemecahan soal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengajuan Soal, Kemampuan Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:37
Last Modified: 16 Jul 2020 07:37
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/788

Actions (login required)

View Item View Item