PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INISIASI, KONSTRUKSI-REKONSTRUKSI, APLIKASI, REFLEKSI (IKRAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Putri, Riza Mahfidia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INISIASI, KONSTRUKSI-REKONSTRUKSI, APLIKASI, REFLEKSI (IKRAR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img]
Preview
Text (1531026 - Riza Mahfidia Putri; 0711118806 - Risdiana Chandra Dhewy; 0710128801 - Intan Bigita Kusumawati)
1531026 - BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1531026 - Lembar Pengesahan.jpg

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1531025 - Surat Pernyataan.jpg

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1531026 - Lembar Persetujuan.jpg

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531026 - BAB IV.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531026 - BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1531026 - ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
1531026 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
1531026 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
1531026 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran k13, pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa dituntut untuk aktif mengembangkan pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) dengan menggunakan model pembelajaran IKRAR. Model pembelajaran IKRAR merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan paham konstruktivis dimana dalam proses pembelajaran siswa diberikan suatu masalah matematika dan siswa dituntut aktif dalam mengkonstruksi konsep yang dipelajari. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di MTS Nurul Sa’adah pada kelas VIII-C dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran dan 1 hari pertemuan untuk evaluasi hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shoot Case Study. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan lembar observasi soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dilanjutkan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pada hasil penelitian ini uji t diperoleh t_hitung>t_tabel (4,166 > 2,069) sehingga H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran IKRAR. Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Riza Mahfidia Putri
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:32
Last Modified: 24 Aug 2020 06:22
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item