BERPIKIR RELASIONAL SISWA SMA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Pragata, Silvi Nonie and Mubarokah, Lailatul and Nuriyatin, Siti BERPIKIR RELASIONAL SISWA SMA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431076-ARTIKEL.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan berpikir relasional siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Subjek penelitian ini adalah satu siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 4 yang mempunyai gaya belajar visual. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah pemecahan masalah dengan think aloud dan wawancara yang mendalam tentang hasil pemecahan masalah subjek. Semua data direkam secara audio pada saat wawancara dan secara audio serta visual pada saat pemecahan masalah dengan think aloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir relasional dalam memahami masalah pada siswa gaya belajar visual yaitu membangun hubungan berdasarkan informasi dalam masalah atau pengetahuan sebelumnya dengan mampu menentukan unsur-unsur penting dalam masalah saja. Berpikir relasional dalam membuat dan melaksanakan rencana penyelesaian pada siswa dengan gaya belajar visual yaitu mampu membangun hubungan berdasarkan unsur informasi dalam masalah atau pengetahuan sebelumnya dengan membangun hubungan dalam memilih strategi dan melaksanakan strategi penyelesaian. Selain itu, mampu memanfaatkan hubungan konsep, sifat, atau prinsip dalam matematika dengan menggunakan simbol, sifat, atau aturan untuk menghasilkan model, membangun hubungan antara bilangan yang tidak diketahui dan operasi aljabar, dan merasionalitaskan penggunaan sifat atau operasi hitung. Pada siswa dengan gaya belajar visual tidak melaksanakan berpikir relasional dalam memeriksa kembali.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir relasional, memecahkan masalah, masalah matematika, gaya belajar visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Silvi Nonie Pragata
Date Deposited: 22 Mar 2019 10:54
Last Modified: 22 Mar 2019 10:54
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item