PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA T PI MA NURUL ISLAM

Arifin, Muhammad Alif Putra PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA T PI MA NURUL ISLAM. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1887201026-Artikel.pdf

Download (410kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif berbasis prezi terhadap hasil belajar dan respon peserta didik kelas X IPS MA Nurul Islam Pungging Mojokerto. Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan pola pretest posttest design. Kelas X IPA T PI sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS T PA sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan media pembelajaran video interaktif berbasis prezi. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Hasil validasi media Prezi dari validator dengan nilai 4.8 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen respon peserta didik terhadap media Prezi nilai 3.6 dengan kategori baik, validasi instrumen angket respon peserta didik rata-rata nilai 4 dengan kategori sangat baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima dengan kriteria ada pengaruh yang signifikan penggunaan media Prezi terhadap nilai sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Prezi terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X MA Nurul Islam Pungging Kab. Mojokerto karena melalui media Prezi peserta didik lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena dapat menerima materi pelajaran secara interaktif melalui desain presentasi dan animasi Prezi terlihat dari nilai post tes lebih disbanding nilai pre test. Respon peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan penggunaan media Prezi sangat senang dan lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi hasil belajarnya. Hal tersebut dikarenakan saat pembelajaran berlangsung peserta didik mendapatkan materi pelajaran yang tidak membosankan karena interaktif dari desain presentasi Prezi memberikan nuasanya yang menarik peserta didik untuk lebih mudah memahami pelajaran sejarah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengaruh, media Prezi, hasil belajar peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:51
Last Modified: 18 Jan 2024 08:51
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item