PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MM1 MATA PELAJARAN SEJARAH REFORMASI DI SMK UBP NURUL ISLAM

Budianto, Mochammad Iwan PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MM1 MATA PELAJARAN SEJARAH REFORMASI DI SMK UBP NURUL ISLAM. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1887201027-Artikel.pdf

Download (703kB)

Abstract

Terbitnya artikel ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh pembelajaran berbasis video dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XMM1 mata pelajaran sejarah reformasi di SMK UBP Nurul Islam Pungging Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif atau perhitungan data dengan angket sesuai sprosedur dengan adanya populasi sebanyak 58 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MM 1 sebagai eksperimen dan untuk kelas X MM 2 sebagai kelas kontrol dengen menggunakan Treatment dan mencetuskan bawasanya kelas eksperimen yang terdiri dari 33 siswa menjadi kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian ini adalah kurangnya respon siswa terhadap materi yang diberikan yang berkemungkinan siswa merasa bosan atau pun tidak menyenangkan metode pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan potensi guru dalam mengajar kurang melakukan totalitas kurang memanfaatkan sarana dengan baik, karena guru hanya terfokus pada sumber-sumber tertulis yaitu : LKS, Modul, Artikel, Koran, Buku-buku refrensi DLL, disisi lain pihak sekolah memiliki sarana baik dari wifi-area LCD, sarana yang memadai, untuk di berlakukan sebuah media pembelajaran sangat baik dan efesien untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dalam hal ini peneliti mengambil kesempatan untuk melakukan penelitian secara langsung terjun kedalam dunia pendidikan (Sekolah) Untuk di berlakukannya pembelajaran menggunakan media video dokumenter. Pembelajaran di dalam kelas ini menggunakan sumber LKS bertemakan REFORMASI , dalam hal ini sangat cocok di berlakukan penggunaan media video dokumenter dalam pembelajaran, dikarenakan para siswa bisa langsung menyaksikan secara langsung tragedi dalama sejarah tersebut, dalam hal ini peneliti berkeyakinan dengan menggunakan media video dokumenter siswa mampu meningkatkan hasil belajar dengan bertahap, setelah miningkat maka peneliti harus mematenkan target dalam 2 bulan untuk mampu menguasai materi tersebut dengan lancar dan mampu menalarkan dan mempresentasikan sesuai dengan bahasa siswa sendiri yang nantinya akan sangat berpengaruh kepada yang lain karena sudah memahami dan menyaksikan dalam bentuk video dokumenter untuk menjadi media pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengaruh media pembelajatan berbasis video dokumenter terhadap hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:51
Last Modified: 18 Jan 2024 08:51
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item