KONSEP PENANAMAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CTL DI MA SABILUNNAJAH WATUTULIS TAHUN PELAJARAN 2021 – 2022

Marzuki, Ahmad Hadziqil (2023) KONSEP PENANAMAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CTL DI MA SABILUNNAJAH WATUTULIS TAHUN PELAJARAN 2021 – 2022. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1787201001-Abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text
1787201001-BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
1787201001-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
1787201001-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
1787201001-BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
1787201001-BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
1787201001-Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan-landasan pendidikan yang ada di MA Sabilunnajah Watutulis dan peran metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sejarah guna menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik di MA Sabilunnajah Watutulis serta untuk mengetahui karakter peserta didik yang tercipta setelah penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran sejarah pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan pendidikan karakter yang ada di MA Sabilunnajah Watutulis diantaranya adalah landasan filsafat manusia, landasan filsafat pancasila, landasan filsafat pendidikan umum, landasan religius, landasan sosiologis, landasan psikologis, dan landasan teoritis. Pelaksanaan penanaman karakter kepada siswa kelas IX di MA Sabilunnajah Watutulis dilaksanakan dalam mata pelajaran sejarah dimana guru mengaitkan materi sejarah tertentu yang disampaikan salah satunya materi detik-detik peristiwa proklamasi Indonesia dengan menggunakan metode pembelajarann Contextual Teaching and Learning (CTL). Karakter yang terbentuk pada diri siswa mlalui pembelajaran sejarah yang dilaksanakan adalah nilai religius, nilai nasionalis dan nilai sosiologis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Contextual Learning, Penanaman Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:50
Last Modified: 03 Jul 2023 04:50
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item