PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING-STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGGI PADA MATERI IPA PADA SISWA KELAS IV

Syarifuddin, Zulfin Dano and Andjariani, Endang Wahju and Dewi, Anggra Lita Sandra (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING-STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGGI PADA MATERI IPA PADA SISWA KELAS IV. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8 (3). ISSN 2656-5862

[img] Text
1686206074-Artikel.pdf

Download (581kB)

Abstract

Salah satu model dan pendekatan yang dapat dikembangkan oleh guru dan berpusat pada siswa adalah model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa menyelesaikan masalah mereka serta memperbaiki nilai yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah Participatory Action Research atau penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tenggulunan Kec,Candi dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus,di mana sebelum menggunakan pembelajaran Problem Based LearningSTEAM atau tahap siklus I hanya memperoleh 41% untuk berpikir tingkat tinggi dan 19% untuk hasil belajar sedangkan setelah menerapkan pembelajaran Problem Based Learning-STEAM atau tahap siklus II pada observasi kedua sebanyak 97% untuk berpikir tingkat tinggi dan 86% untuk hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning-STEAM yang tepat dan sesuai dengan sintaks model PBL dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir tinggi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tenggulunan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem based learning-steam, Meningkatkan keterampilan berpikir tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:04
Last Modified: 16 Jan 2024 08:04
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item