Pengembangan Media Paralayang Mentari Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Habibah, Intan and Rahmawati, Ery and Susilo, Tri Achmad Budi (2023) Pengembangan Media Paralayang Mentari Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JIME (Jurnal Ilmiah Mandala Education), 9 (2). ISSN 2656-5862

[img] Text
1886206029-Artikel.pdf

Download (670kB)

Abstract

Pendidikan merupakan alat atau media yang paling utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, kegiatan belajar yang berkualitas harus dilakukan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini didasari kenyataan bahwa masih kurangnya ketertarikan dan pemahaman siswa dalam kegiatan bercerita, hal itu disebabkan pembelajaran kegiatan bercerita yang dilakukan belum menggunakan media yang dapat menyajikan cerita secara kongkrit dan alur cerita yang jelas, sehingga siswa kurang mendalami isi cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Paralayang Mentari untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada subtema Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Adapun hasil yang diperoleh dari validasi kelayakan media adalah dengan nilai presentase 96% dengan kategori sangat layak. Hasil dari penilaian aktivitas siswa adalah dengan ratarata 94,67% dari 24 siswa menunjukkan bahwa kelas III aktif dalam kegiatan pembelajaran bercerita dengan menggunakan media Paralayang Mentari. Hasil uji validitas dengan SPSS menunjukkan bahwa butir aspek penilaian valid. Hasil uji reliabilitas dengan SPSS memperoleh nilai 0,801 dinyatakan reliabel. Dan hasil tes kemampuan bercerita menggunakan uji N-Gain memperoleh nilai 0,85 bahwa nilai hasil tes siswa kelas III berkategori tinggi, dan dapat dikatakan bahwa media Paralayang Mentari layak dan mampu meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas III SDN Kedungpeluk 1 Candi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Paralayang Mentari Kemampuan Bercerita Pembelajaran Tematik Research and Development (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2023 11:18
Last Modified: 14 Aug 2023 11:18
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item