Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Anggraeni, Nur Khovivah and Rahmawati, Ery and Susilo, Tri Achmad Budi (2023) Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (7). ISSN 2614-8854

[img] Text
1886206045-Artikel.pdf

Download (626kB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III SDN Siwalanpanji yang masih rendah dibawah nilai KKM, dimana kurangnya penggunaan media serta model pembelajaran yang kurang bervaiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa tema 2 subtema menyayangi hewan kelas III SDN Siwalanpanji dan mengetahui aktivitas siswa saat menggunakan media pop up book. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain non equivalent control group design. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas III SDN Siwalanpanji. Kelas III-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas III-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, N-Gain, uji t dan skala likert. Hasil pre test kelas ekperimen memperoleh rata-rata 55,58 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 55,00. Setelah dilakukan pembelajaran dengan media pop up book disertai model STAD, hasil post test kelas eksperimen mendapat rata-rata 75,58 dan kelas kontrol mendapat rata-rata 69,80. Adapun hasil N-Gain kelas eksperimen sebanyak 0,50 dan kelas kontrol sebanyak 0,34 dengan kategori sedang, serta uji t dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan media pop up book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 2 kelas III SDN Siwalanpanji. Adapun hasil analisis observasi aktivitas siswa menggunakan media pop up book memperoleh rata-rata sebesar 78,2 dengan kategori baik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pop Up Book; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2023 11:18
Last Modified: 14 Aug 2023 11:18
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item