PEGARUH MODEL PEMBELAJARAN0CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS V SD

Rezkiana, Yusfirda Rahmah and Dewi, Galuh Kartika and Erdiana, Lita (2023) PEGARUH MODEL PEMBELAJARAN0CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS V SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1). ISSN 2548-6950

[img] Text
1886206055-Artikel.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan penelitian0ini yaitu untuk0mengetahui pengaruh0model Creative0Problem Solving (CPS) terhadap0keterampilan berpikir0kreatif siswa. Serta0untuk mengetahui respon0siswa0menggunakan model0Creative Problem0Solving (CPS) pada keterampilan berpikir0kreatif siswa. Dalam0pembelajaran di dalam kelas meskipun siswa sudah berkelompok, siswa kurang0berperan aktif dalam proses belajar dan kurangnya memberikan penekanan keterampilan berpikir secara kreatif kepada siswa, Untuk mengembangkan0keterampilan berpikir0kreatif siswa dapat menggunakan0salah satu model0pembelajaran0yaitu, model pembelajaran Creative0Problem Solving (CPS). Model0pembelajaran Creative0Problem Solving merupakan0salah satu model0pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif0siswa. Penelitian0ini menggunakan penelitian0kuantitatif menggunakan desain one-grup pretest0dan0post-test. Penelitian dilakukan di kelas 5 SDN Lemahputro 1 Sidoarjo yang terdiri dari 15 sampel. Teknik analisis data0menggunakan uji-t dengan sig 0,05 dan hasil angket respon siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan0uji-t diperoleh nila sig 0.000.0Karena nilai0sig 0,000 < 0,05 maka H10ditolak, dapat disimpulkan0bahwa model0 pembelajaran creative problem solving berpengaruh0terhadap keterampilan berpikir0kreatif siswa kelas 5 sekolah dasar. Hasil dari angket respon siswa diperoleh nila rata-rata 85,8%, dapat disimpulkan terdapat respon baik dari siswa selama pembelajaran menggunakan model0pembelajaran creative problem solving.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model0Pembelajaran, creative problem solving, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2023 11:17
Last Modified: 14 Aug 2023 11:17
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item