PROFIL BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MA NURUL ISLAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA YANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA Dari Kemampuan Matematika.

Jannah, Nurul Hidayatul and Widadah, Soffil and Tofan, Adityawan PROFIL BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MA NURUL ISLAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA YANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA Dari Kemampuan Matematika. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img] Text
1884202033_Artikel Skripsi.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berpikir kreatif peserta didik MA Nurul Islam kelas X IPA dalam mengerjakan persoalan matematika model PISA berdasarkan kemampuan matematikanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini dengan pemberian 2 macam soal dan wawancara. Soal pertama diberikan guna menentukan subjek adalah soal kemampuan matematika yang diambil dari buku panduan guru. Kemudian setelah digolongkan berdasarkan kemampuan matematikanya, subjek diberikan soal matematika model PISA yang terdiri dari 2 butir soal. Berdasarkan analisis data tersebut, subjek berkemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir kreatif yaitu: kelancaran, keluwesan ,ketelitian, tetapi keaslian masih kurang mampu memenuhi. Subjek berkemampuan sedang dapat memenuhi 2 indikator saja yaitu, fluency dan elaboration. Subjek berkemampuan rendah tidak mampu memenuhi indikator keluwesan (flexibility),ketelitian (elaboration), keaslian (originality) dan kurang mampu memenuhi indikator berpikir kreatif kelancaran (fluency).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif, soal PISA, kemampuan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:40
Last Modified: 10 Aug 2023 07:40
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1754

Actions (login required)

View Item View Item