ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI PADA MATERI PENYAJIAN DATA

Mendeng, Flaviana and Ayuningtyas, Nurina and Susilo, Tri Achmad Budi (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI PADA MATERI PENYAJIAN DATA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202029 -Artikel.pdf

Download (486kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal numerasi pada materi penyajian data. Tahapan kesalahan yang digunakan yaitu tahapan kesalahan menurut Newman yaitu 1) Kesalahan Membaca 2) Kesalahan Memahami 3) Kesalahan Transformasi 4) Kesalahan Keterampilan Proses 5) Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMPN Satap Benteng Sipi Kelas VIII. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan lembar soal tes yang berupa 3 soal cerita penyajian data dan pedoman wawancara kemudian dianalisis menggunakan reduksi data. Hasil soal tes dianalisis kemudian disajikan dalam tabel kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Selanjutnya dipilih 4 siswa dengan kesalahan terbanyak. Kesalahan siswa berkemampuan sedang yaitu: kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebab dikarenakan kurang teliti dalam menyelesaikan soal dan Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah yaitu: kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan akhir. Faktor penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap materi penyajian data, siswa kurang mampu dalam menyelesaikan soal penyajian data, kurang mampu dalam menyusun langkah-langkah yang sistematis dalam menjawab soal penyajian data dan kurang teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Numerasi,Penyajian Data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:35
Last Modified: 02 Aug 2023 07:35
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item