PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA METODE PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DAN WHATSAPP PADA BILANGAN BULAT

Guritno, Agung Luhur (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA METODE PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DAN WHATSAPP PADA BILANGAN BULAT. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202001 - Artikel.pdf

Download (231kB)

Abstract

Pada tahun 2020 ini dunia sedang dilanda oleh pandemi virus Covid – 19 yang mengakibatkan sesak nafas dan berujung pada kematian, oleh sebab itu semua kegiatan masyarakat dialihkan menjadi kegiatan online (daring) termasuk kegiatan pendidikan untuk meminimalisir pertemuan terbuka yang menjadi media penyebaran virus. Menurut Dian dalam laman berita KOMPAS TV (2020) selama pembelajaran daring berlangsung baik guru, siswa dan orang tua menganggap masih banyak kekurangan dalam pembelajaran daring, terutama dari segi perangkat yang digunakan dan pengeluaran biaya tambahan, ini membuat guru, siswa dan orang tua lebih mengharap pemerintah segera melakukan pembelajaran tatap muka. Dalam metode pembelajaran luring dan daring ditinjau dari nilai soal tes serta angket respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang dilaksanakan di kelas VII SMP 10 Nopember Sidoarjo pada semeter genap tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan metode luring dan daring pada materi bilangan bulat. Jumlah pertemuan sebanyak 2 kali dengan waktu 120 menit. Pada pelaksanaan metode daring di kelas VII D dan metode luring kelas VII E Pengambilan keputusan berdasarkan Uji Mann Whitney, nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,223 > 0,05, maka Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari kelas VII D sebagai kelas daring dan kelas VII E sebagai kelas luring terhadap nilai dari kedua kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Daring dengan Microsoft Team dan WhatsApp, Materi Bilangan Bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:33
Last Modified: 27 Jun 2023 03:33
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item