PROFIL LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 CANDI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA KONTEKS OCCUPATIONAL

Adhita, Vina Veronika and Fachrudin, Achmad Dhany and Ayuningtyas, Nurina PROFIL LITERASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 CANDI DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA KONTEKS OCCUPATIONAL. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1431085 - Artikel.pdf

Download (547kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika model PISA konteks occupational. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di kelas IX SMP Negeri 2 Candi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 siswa yang terdiri 2 siswa berkemampuan matematis tinggi, 2 siswa berkemampuan matematis sedang dan 2 siswa berkemampuan matematis rendah. Instrumen yang digunakan berupa 4 soal matematika model PISA dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan pada proses literasi matematis yaitu formulate, employ, dan interprete. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematis tinggi dan siswa berkemampuan matematis sedang mampu menyelesaikan soal matematika model PISA, hanya saja pada proses formulate mereka kurang terbiasa menyelesaikan permasalahan dengan menuliskan informasi ke dalam lembar jawaban. Sedangkan siswa berkemampuan matematis rendah belum mampu menyelesaikan masalah dikarenakan belum bisa menerapkan dan menginterpretasikan permasalahan dengan tepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profil, Literasi Matematis, Soal Matematika Model PISA. Kemampuan Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:13
Last Modified: 02 Aug 2023 07:13
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item View Item