Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Persegi Ditinjau dari Self Efficacy Siswa

Sulistyawati, Mega Rizki Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Persegi Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1431050 - Artikel.pdf

Download (626kB)

Abstract

Self efficacy merupakan salah satu aspek afektif yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek, salah satunya adalah saat menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan ditinjau dari tingkat self efficacy. Analisis kesalahan menggunakan prosedur Newman dan materi yang digunakan adalah materi persegi. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan subjek penelitian berupa 6 siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 5 Tulangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki self efficacy dalam tingkat Sedang dengan persentase sebesar 54,6%. Kesalahan Newman yang ditemukan pada siswa berupa kesalahan encoding dan kesalahan transformation-process skill-encoding. Kesalahan encoding ditemukan pada siswa self efficacy kategori Sedang, sedangkan kesalahan transformation-process skill-encoding ditemukan pada siswa di seluruh kategori self efficacy. Keterkaitan antara self efficacy dengan kesalahan Newman terwujud dalam keterkaitan jumlah. Semakin tinggi tingkat self efficacy siswa maka semakin rendah jumlah kesalahan Newman yang ditemukan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self efficacy, kesalahan, newman, persegi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 28 Jun 2023 14:15
Last Modified: 28 Jun 2023 14:15
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item