Pengembangan Soal Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sidoarjo Untuk Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar

Nisa, Putri Afinatun Pengembangan Soal Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sidoarjo Untuk Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202015 - Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Soal pelajaran saat ini khususnya soal Matematika masih mengenai pengetahuan umum yang masih sangat asing bagi siswa. Pendidikan saat ini hanya mengedepankan penguasaan aspek keilmuan dan kecerdasan siswa. Untuk itu dibutuhkan pembelajaran berbasis kearifan lokal yang pembelajarannya dikemas dengan menggunakan benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan berbagai hal yang dekat dengan kehidupan siswa untuk mengangkat potensi lokal daerah-daerah di Indonesia.Oleh karena itu, peneliti mengembangkan soal matematika berbasis kearifan lokal Sidoarjo. Soal tersebut diharapkan tidak hanya sebagai alat ukur siswa tapi juga sebagai langkah pembentukan karakter dengan dikenalkannya budaya-budaya lokal pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal matematika berbasis kearifan lokal Sidoarjo pada materi bangun datar yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian ini terdiri dari fase investigasi; desain; realisasi; tes, evaluasi, dan revisi; serta implementasi. Penelitian ini menggunakan 3 tahap uji tes yaitu validasi paka runtuk menguji keterbacaan soal, menguji kepraktisan soal dengan siswa kelompok kecil, dan menguji kevalidan butir soal dan reliabilitas soal dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan 15 butir soal matematika berbasis kearifan lokal Sidoarjo pada materi bangun datar yang sudah dinyatakan valid dengan nilai rhitung> r-tabel (0,4438) serta dinyatakan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,97

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Soal, Bangun Datar, Kearifan Lokal Sidoarjo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 27 Jun 2023 14:48
Last Modified: 27 Jun 2023 14:48
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item