ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MATERI FUNGSI PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Junaidah, Iin ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MATERI FUNGSI PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1784202006 - ARTIKEL.pdf

Download (503kB)

Abstract

Pembelajaran secara daring menimbulkan kecemasan bagi siswa seperti pemahaman yang kurang terhadap materi serta waktu pengerjaan tugas yang singkat membuat siswa merasa tertekan. Selain kecemasan siswa terhadap Pembelajaran Daring, terdapat kecemasan lagi yang dialami oleh siswa yakni kecemasan terhadap matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecemasan matematika siswa kelas X MA Bi’rul Ulum pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan penyebab kecemasan matematika yang dialami oleh siswa kelas X MA Bi’rul Ulum. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA Bi’rul Ulum Tahun Ajaran 2020-2021 yang memiliki kategori tingkat kecemasan matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket, tes soal, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, Siswa yang memiliki kecemasan matematika sedang memiliki presentase tertinggi yakni 35,71 % siswa pada kelas X IPA. Penyebab dari adanya kecemasan matematika siswa tersebut antara lain kurang percaya diri serta adanya anggapan bahwa matematika itu rumit dan sulit. Peneliti menemukan bahwa kecemasan matematika pada siswa tidak berpengaruh pada hasil tes soal yang diberikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Fungsi, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:14
Last Modified: 27 Jun 2023 04:14
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item