Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Sidoarjo

Moi, Maria Susanti Program Studi Pendidikan Sejarah Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Sidoarjo. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1687201016_ARTIKEL.pdf

Download (191kB)

Abstract

Kurangnya kualitas program pembelajaran di Sekolah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang kurang efektif yang dilakukan di Sekolah tersebu. Banyak siswa yang mengantuk dan berbicara dengan temannya sendiri sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru, karena guru tidak pernah menerapkan model pembelajaran kooperatif, siswa selalu berpikir dan bekerja secara individu untuk menyelesaikan tugas maupun pertanyaan yang diajukan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep pembelajaran aktif yang ditawarkan.. pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah dengan menerapkan model make a match menggunakan media kartu,Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa , sebab pada pembelajaran ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui perencanaan model make a match dengan media kartu yang dilakukan oleh guru sejarah dalam materi sejarah Indonesia pada zaman Pra-aksara pada siswa kelas X SMA Persatuan Tulangan . 2 )Untuk mengetahui pelaksanaan model make and match dengan media kartu yang dilakukan oleh guru sejarah dalam materi sejarah Indonesia pada zaman praksara pada kelas X SMA Persatuan Tulangan. 3) Untuk bagaimana evaluasi model make and match dengan media kartu yang dilakukan oleh guru sejarah pada materi sejarah Indonesia pada zaman praksara pada kelas X SMA Persatuan Tulangan . Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi.Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi : 1) perencanaan, 2) Pelaksaan, 3) wawancara dan 4 ) observasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelaran sejarah, model Make a Match, medis kartu, siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:57
Last Modified: 30 Nov 2021 03:57
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item