PERSEPSI GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MANUSIA PURBA DI SMA PERSATUAN TULANGAN

Hadir, Yovita Wulandari Hartati PERSEPSI GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MANUSIA PURBA DI SMA PERSATUAN TULANGAN. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1687201031 - Artikel.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru mengenai berpikir kritis dalam pembelajaran manusia purba di SMA Persatuan Tulangan. Penelitian ini dilakukan di SMA Persatuan Tulangan pada bulan Agustus-September 2020. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Pendekatan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah itu di jadikan fokus dalam penelitian ini. Data di ambil dari siswa SMA kelas X di SMA persatuan Tulangan. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru dan (2) Siswa memiliki persepsi positif terhadap evaluasi pembelajaran sejarah dengan menggunakan berpikir kritis. Persepsi positif guru dan siswa mencakup tiga indikator yaitu persepsi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, kendala siswa terhadap berpikir kritis, upaya guru terhadap implementasi berpikir kritis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, persepsi siswa, berpikir kritis,pembelajaran sejarah manusia purba
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:56
Last Modified: 30 Nov 2021 03:56
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item