PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER

Ajun, Imelda Viliani PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1684202062 - Artikel.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi program linier. Tahapan kesalahan yang digunakan yaitu Tahapan kesalahan menurut Newman yaitu 1) Kesalahan Membaca 2) Kesalahan Memahami 3) Kesalahan Transformasi 4) Kesalahan Keterampilan Proses 5) Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Widya Bhakti Ruteng kelas XI IPS. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan lembar soal tes yang berupa 2 soal cerita program linier dan pedoman wawancara kemudian dianalisis menggunakan reduksi data. Hasil soal tes dianalisis kemudian disajikan dalam tabel kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Selanjutnya dipilih 3 siswa dengan kesalahan terbanyak. Kesalahan yang dilakukan siswa 1 yaitu: kesalahan memahami, kesalahan transformasi, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dan faktor penyebabnya adalah siswa masih belum menguasai materi program linier. Kesalahan yang dilakukan siswa 2 yaitu: kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir dan faktor penyebabnya adalah siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan sesuai yang diminta darri soal dan siswa sulit mentransformasikan kalimat matematika kedalam model matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profil, soal kontekstual program linier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:23
Last Modified: 22 Jun 2021 08:23
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item