Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segi Empat

Syarifudin, Achmad Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segi Empat. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1684202001 - Artikel.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Untuk melihat peningkatan siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah nilai hasil belajar. Supaya membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran materi segi empat bangun trapesium di kelas, maka dapat menerapkan model Brain Based Learning dimana siswa diminta aktif untuk menggali pengetahuan agar dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Brain Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi segi empat. Penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di SMP Kemala Bhayangkari 7 Porong dengan sampel 29 siswa pada kelas VII-A. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada materi segi empat bangun trapesium yang dilihat dari nilai thitung = 2,797 > ttabel = 2,051 dengan kondisi probabilitas signifikan (0,009) kurang dari α (0,05). Selain itu ditunjukkan juga dengan persamaan regresi linear yaitu -253,494+3,808X yang memperlihatkan bahwa jika model Brain Based Learning dilaksanakan semakin baik dengan persiapan yang matang sehingga hasil belajar siswa meningkat dengan baik. Model Brain Based Learning memiliki kontribusi/pengaruh sebesar 22,5 % pada proses pembelajaran materi segi empat .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, learning outcomes, quadrilateral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:03
Last Modified: 22 Jun 2021 08:03
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item