PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Hidayat, M. Masrur PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. ISSN - (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531017 - Artikel.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan sebuah model pembelajaran yang menggabungkan dua gaya belajar yang dimili oleh setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX-B SMP Cendekia Sidoarjo sejumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan kerucut, tabung dan bola. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shoot Case Study. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik kemudian dilanjutkan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (3,510) > ttabel (2,048) sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Sabila Maharani
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:03
Last Modified: 22 Jun 2021 08:03
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item