HASIL PEER REVIEW UNTUK PENULIS PERTAMA ARTIKEL PENERAPAN PjBL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS (UNCERTAINTY AND DATA) UNTUK SISWA SMP

Ayuningtyas, Nurina and Dhewy, Risdiana Chandra (2018) HASIL PEER REVIEW UNTUK PENULIS PERTAMA ARTIKEL PENERAPAN PjBL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS (UNCERTAINTY AND DATA) UNTUK SISWA SMP. Jurnal Pi, Al Hikmah Surabaya.

[img]
Preview
Text
Review_Pi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian PISA pada tahun 2015 dalam PISA Result in Focus 2015 menunjukan peringkat Indonesia berada diurutan 9 dari bawah yaitu peringkat 63 dari 72 negara. Hal ini sangat memperhatikan dan diperlukan upaya untuk meningkatkan peringkat tersebut. Salah satu upaya adalah dengan memperbaiki sistem pembelajaran dikelas.Pembelajaran Project Based Learning(PjBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang diprediksi oleh peneliti dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa Indonesia yang tergolong rendah diantara negara yang lain. Pada penelitian ini peniliti fokus kepada konten uncertainty and data materi statistika. Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan adanya penerapan model pembelajaran Project Based Learning serta untuk mengetahui respon siswa pada penerapan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan menggunakan rancangan atau desain eksperimen klasik yang memiliki 4 kelompok data (O) yaitu data pretest kelompok perlakuan (O1) dan kelompok kontrol (O3) serta data posttest kelompok perlakuan (O2) dan kelompok kontrol (O4). Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan adanya penerapan model pembelajaran PjBLterhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi statistika, serta siswa juga memberikan respon positif terhadap pembelajaran ini.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Project Based Learning, Uncertainty and Data, Literasi Matematis, Statistika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Risdiana Chandra Dhewy
Date Deposited: 15 Mar 2021 10:56
Last Modified: 22 Jun 2021 08:00
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item