Implementasi Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom: Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi

Huda, Miftakhul and Dhewy, Risdiana Chandra and Agustina, Eka Nurmala Sari Implementasi Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom: Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. ISSN 2460-8726 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1684202050_Artikel.pdf

Download (902kB) | Preview

Abstract

Blended learning merupakan kombinasi pembelajaran tatap muka dan online dengan bantuan teknologi. Dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran campuran antara pembelajaran sinkron dan asinkron, model pembelajaran yang diterapkan adalah flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pencapaian hasil belajar serta respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan model flipped classroom. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif dengan sampel 7 siswa dari kelas X IPS-1 SMA Persatuan Tulangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pembelajaran, tes hasil belajar berupa post test dan pemberian angket respons siswa. Observasi pembelajaran digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan tes hasil belajar untuk mengetahui penguasaan siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dan angket respons untuk memperoleh data respons siswa terhadap pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru saat pembelajaran memperoleh persentase yaitu 84,37%, aktivitas siswa pada pembelajaan asinkron melalui LMS Kelase siswa aktif, yaitu memperoleh 83% tetapi saat pembelajaran sinkron di grup WA aktivitas siswa hanya memperoleh persentase 66,1% dengan kriteria cukup aktif. Dari hasil belajar siswa menggunakan flipped classroom materi trigonometri, ketuntasan hasil belajar secara klasikal memperoleh sebesar 71,43% dan dinyatakan belum tuntas karena ≤ 75%. Dari pelaksanaan pembelajaran ini, siswa memberikan respons positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: blended learning, flipped classroom, pembelajaran di masa covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:18
Last Modified: 15 Jun 2021 07:18
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item