ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Auliyah, Zumrotul (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202035 - ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202035 - BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
1684202035 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
1684202035 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
1684202035 - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202035 - BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202035 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek berdasarkan perolehan hasil tes soal GEFT yang diberikan kepada 36 peserta didik dari kelas X MIPA 2 SMA Islam Sidoarjo dengan tujuan untuk membedakan tipe gaya kognitif peserta didik dan perolehan hasil tes soal cerita SPLTV dengan tujuan untuk mengetahui pemikiran peserta didik juga ingin lebih dalam mengetahui letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 peserta didik yang diambil dari kelas X. MIPA 2, yaitu dua peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dengan perolehan skor hasil tes GEFT sebanyak 13 hingga 15 dan dua peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent dengan perolehan skor hasil tes GEFT sebanyak 5 hingga 6. Tes soal cerita SPLTV diberikan setelah peserta didik melakukan tes GEFT, adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui pemikiran peserta didik juga ingin lebih dalam mengetahui letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan letak kesalahan, jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada keempat subjek, adapun letak kesalahan yang sering ditemui adalah kesalahan dalam menuliskan permisalan dan menuliskan ke dalam bentuk kalimat matematika. Selain itu, jenis kesalahan yang sering dilakukan adalah kesalahan dalam menuliskan informasi yang terdapat pada konteks soal dan mengoperasikan ke bentuk kalimat matematika. Sedangkan faktor penyebab kesalahan yang sering ditemukan yaitu kurangnya pemahaman peserta didik pada konsep soal SPLTV

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, gaya kognitif kognitif field independent dan field dependent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:18
Last Modified: 15 Jun 2021 07:18
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item