Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Gaya Belajar Visual

Nisa’, Nanda Apriayu Khoirun Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Gaya Belajar Visual. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1684202021 - Artikel.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IX SMPIT Darul Fikri Sidoarjo ditinjau dari gaya belajar. Penelitian dilaksanakan dengan sistim daring (dalam jaringan) pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa bergaya belajar visual, satu siswa bergaya belajar auditori, dan satu siswa bergaya belajar kinestetik. instrumen penelitian ini menggunakan angket sebagai sarana untuk mengelompokkan siswa sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki dan tes tulis serta wawancara untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik mampu mengidentifikasi fakta dan pertanyaan, mengatur informasi yang relevan dan membuat model gambar, menemukan pola, mengestimasi solusi dan kemampuan geometri, memeriksa kembali kebenaran dari solusi yang telah ditemukan pada tahap sebelumnya dengan tingkat pemenuhan berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis, kemampuan memecahkan masalah, gaya belajar VAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:24
Last Modified: 01 Feb 2021 08:24
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item