Profil Literasi Kuantitatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau Dari Adversity Quotient

Maulidah, Nita Safitri and Lestariningsih, Lestariningsih and Dhewy, Risdiana Chandra Profil Literasi Kuantitatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika. ISSN 2581-0480 (Submitted)

[img]
Preview
Text
1684202022 - Artikel.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Literasi kuantitatif merupakan kebiasaan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah dalam situasi kuantitatif dalam kehidupan sehari-hari. Adversity quotient merupakan konsep kerangka kerja baru, alat praktis, dan tolak ukur untuk memahami dan memperbaiki kemampuan seseorang dalam menghadapi kesulitan. Jika dikaitkan dengan literasi kuantitatif, maka Adversity Quotient dibutuhkan siswa dalam menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan literasi kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi kuantitatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal tipe PISA ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini diawali dengan pemberian angket Adversity Respon Profile untuk mengetahui kategori Adversity Quotient. Kemudian setiap kategori Adversity Quotient dipilih dua siswa untuk diberi tes soal tipe PISA dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek climber mempunyai aspek literasi kuantitatif yang meliputi interpretasi, representasi, kalkulasi, analisis, asumsi, dan komunikasi, subjek camper mempunyai aspek literasi kuantitatif meliputi interpretasi, representasi, analisis, asumsi, dan komunikasi, dan subjek quitter mempunyai literasi kuantitatif hanya dalam aspek interpretasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi Kuantitatif, Soal Tipe PISA, PISA, Adversity Quotient
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:23
Last Modified: 01 Feb 2021 08:23
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item