PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIIIA MTS. RIYADLUL ULUM BANGIL

Alsa, Efra and Kusumawati, Intan Bigita and Nuriyatin, Siti (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIIIA MTS. RIYADLUL ULUM BANGIL. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1431030 - Artikel.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktifitas siswa, hasil belajar matematika dan respons siswa dalam pembelajaran menggunakan Resourch Based Learning (RBL). Menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan penulis khususnya yang terkait dengan penelitian yang menggunakan penerapan Resourch Based Learning (RBL). Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi ataupun masukan tentang penerapan pembelajaran. Dapat menumbuhkan semangat kerjasama, saling membantu, saling melengkapi, meningkatkan motivasi dan daya tarik peserta didik terhadap mata pelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, Peneltian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di mts. Riyadlul Ulum Bangil Kelas VIIIA dengan sampel 20 siswa. Adapun instrumen pengumpulan data yaitu (1) Lembar Aktifitas Guru (2) Lembar Aktivitas Siswa (3) Lembar Hasil belajar Siswa (4) Lembar Respon Siswa. Setelah penelitian dengan penerapan Resource Based Learning, dapat disimpulkan bahwa peningkatan pembelajaran yaitu penilaian aktifitas guru dari pertemuan pertama dan kedua menunjukkan diatas ≤ 60% kategorikan baik. Penilaian aktivitas siswa dari dua pertemuan semua indikator menujukkan diatas ≤ 61% dengan kategori baik. Penilai hasil belajar siswa secara klasikal 85% menunjukkan secara klasikal tersebut dikatakan Tuntas. Respon siswa setiap butir pernyataan yang diajukan menunjukkan diatas 2,5≤ dengan kategori respon siswa Positif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan, pendekatan, pembelajaran Pola Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Efra Alsa
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:44
Last Modified: 05 Apr 2019 09:44
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item