APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING)

Abdullah, A. Fatikhul Amin (2016) APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING). Jurnal Edukasi, 2 (2). pp. 117-124. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam proses pendidikan diharapkan mampu merubah tingkah laku, sikap, dan keterampilan. Namun, kenyataannya pembelajaran hanya sebagai formalitas dalam upaya memenuhi kewajiban tugas sebagai guru mengajar maupun anak didik untuk belajar. Untuk mewujudkan hasil pembelajaran tersebut perlu melakukan pembelajaran yang bermakna (meaningful learning). Pembelajaran bermakna akan terwujud jika pembelajaran mempelajari gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitas seperti dalam teori Gestalt. Teori Gestalt berpusat pada apa yang dipersepsi merupakan suatu kebulatan, suatu unity. Wujud riil dari penerapan teori Gestalt adalah dengan melakukan pembelajaran terpadu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori Gestalt, pembelajaran bermakna, pembelajaran terpadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 05:01
Last Modified: 15 Sep 2019 13:40
URI: https://repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item